Memahami Peran Manusia Agar tidak Ada Penyesalan

Setiap orang memiliki berbagai peran dalam hidup dan kehidupnya. Sesederhana apapun orang itu pasti  orang tersebut tidak mungkin memiliki hanya satu peran saja. Peran sebagai anak, ibu, ayah, anggota masyarakat, karyawan, organisasi, terlebih lagi, peran sebagai hamba-Nya.

Yang pastinya sahabat, berharap yang terbaik pada setiap perannya. Akan tetapi terkadang kita sadar akan keterbatasan, baik terbatas waktu, tenaga, finansial dan lain sebagainya. Tidak jarang kita temui, orang-orang yang sukses dalam satu peran, namun gagal di peran yang lain. Misalnya saja, ia seorang Pimpinan Perusahaan yang hebat, namun rumah tangganya hancur berantakan. Ataupun, dia seorang aktivis yang pintar, namun jarang masuk kuliah, dan nilainya mengkhawatirkan.

Nah, bagaimanakah kita menempatkan peran-peran kita dengan sebaik-baiknya agar tidak ada penyesalan di kemudian hari, berikut tips dan cara bagaimana Memahami Peran Manusia Agar tidak Ada Penyesalan:

Buatlah Skala Prioritas dalam Hidup 
Misalnya saja, ketika kita berada di tempat kerja, maka optimalkan peran kita sebagai karyawan. Namun, saat kita berada di rumah, maka berperanlah sebagai anggota keluarga yang baik.

Luangkan waktu untuk orang-orang yang dicintai
Sebelum kita menyesal, maka berilah perhatian pada orang-orang yang kita cintai. Jangan kalahkan kepentingan mereka dengan target-target kesuksesan yang kita buat. Karena, sesungguhnya energi cinta dari mereka lah yang tetap membuat kita tetap semangat untuk meraih sukses itu sendiri.

Adakalanya Diri Perlu dimanjakan
Sesibuk apapun kita, sesekali memanjakan diri sendiri tidak ada salahnya. Memforsir diri terlalu berlebih akan mengantarkan kita pada stress bahkan depresi. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Dengarkan musik, berolahraga, pergi ke salon, membaca buku, lakukan apa yang Anda senangi dan positif akan merilekskan diri Anda!

Membuat Perencanaan yang RealistisSetiap kita pastinya menginginkan sukses dengan segera. Namun, berusahalah untuk tetap realistis. Jika Anda memiliki 10 prioritas pencapaian pada satu hari, maka jika terpenuhi 3 teratas saja itu sudah cukup baik.

Menghargai diri sendiri
Apapun yang sudah Anda pilih dalam hidup Anda, maka itulah yang terbaik. Anda tidak perlu menyesali, meski itu kegagalan. Justru, kita bisa belajar banyak dari kegagalan, dan tahu cara melakukan segalanya dengan lebih baik.

Sahabat Asep Iwan Blog perlu introspeksi mengevaluasi bagaimana selama ini berperan untuk kehidupan kita. Apakah ada peran tertentu terabaikan? Adakah orang-orang yang seharusnya Anda beri perhatian, namun luput karena tersibukkan oleh satu fokus saja? Hal ini kalau dibiarkan akan menjadi pemicu terjadinya konflik untuk organisasi atau perusahaan tempat kita bekerja.

Demikian Tips dan cara memahami agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Sahabat..., masih ada waktu untuk mengubah segalanya agar lebih baik. Tentu saja hanya dengan satu alasan, agar tidak lagi ada penyesalan...,