Memasang Lengan untuk Jas Pria | Cara Teknik Menjahit

Sebelum kita cara memasang lengan untuk jas pria, perlu kita ketahui pula bahwa ini teknik tersulit dalam pembuatan Jas. Semahal-mahalnya bahan yang digunakan bila dalam pemasangannya tidak sesuai dengan teknik maka hasilnya akan terlihat tidak modis atau tidak bagus dan juga tidak akan nyaman ketika dipakai.

Dalam teknik memasang lengan untuk jas pria ini harus diketahui pula Pola Lengan / Tangan untuk Jas Pria, karena pola nya tidak sama dengan pola lengan kemeja atau lengan baju pada umumnya. Perbedaannya itu diantaranya :
  • Pola Lengan Jas lebih ramping dan formal, lengkungan pola di ujung pangkal lengan lebih panjang dibanding pola lengan kemeja.
  • Jahitan pada lengan jas ada dua, yaitu jahitan depan dan belakang, sedangkan jahitan pada lengan kemeja hanya satu berada dibawah melalui ketiak.
  • Panjang pola lengan jas lebih pendek 2 cm bila dibandingkan pola lengan kemeja.
  • Bentuk pola lengan jas sedikit bengkok kedepan mengikuti lekukan siku ketika santai, sedangkan bentuk pola lengan kemeja dibuat  lurus.
Salah satu materi kursus menjahit di lembaga keterampilan menjahit yang termasuk ke dalam kategori tersulit dalam hal membuat pakaian adalah membuat pakaian Jas resmi pria ataupun Jasko. Anda yang ingin belajar di tempat kursus daerah Tasikmalaya, silahkan melakukan komunikasi kursus privat menjahit pemula, tingkat lanjut maupun profesional melalui Kontak.
Penjelasan berikut diantara cara teknik menjahit dalam teori membuat pola lengan jas pria pada tingkat dasar, dapat digambarkan pada uraian berikut:
Gambar pola lingkar lengan Jas Pria
Langkah Pertama
Tentukan batasan area untuk menggambar pola lengan jas, berupa sebuah kotak, sebut saja sebuah nama:
“kotak area pola lengan jas”.

Ukuran kotak itu adalah:
  • Lebar sama dengan lingkar lengan dikurangi 3 cm. Pengurangan 3 cm bertujuan supaya nanti panjang lengkungan di pangkal lengan bisa kembali sama dengan ukuran lingkar lengan aslinya.
  • Tinggi sama dengan ukuran panjang lengan yang akan dibuat.

Ketika membuat pola lengan jas, bentuk lengkungannya harus lebih panjang dari pola lengan biasa.
Tujuannya adalah supaya lengan jas bisa tegak dipundak, sehingga dada tampak lebih lapang.
Tinggi lengkungan pola lengan jas adalah 17 cm dari garis ketiak.

Pada pola lengan bagian belakang dibuat garis vertikal berjarak 8 cm dari tepi kotak area pola lengan jas.Pada pola lengan bagian depan dibuat garis vertikal berjarak 5 cm dari tepi kotak area pola lengan jas.

Setelah langkah pertama selesai dipraktekkan, akan diperoleh gambar awal pola lengan jas pria seperti pada gambar diatas.

Langkah Kedua.
Memisah pola lengan belakang
Pola gambar jas resmi pria
Pada posisi garis vertikal yang berjarak 8 cm dari batas tepi kotak area pola lengan jas, praktekkan:
  • Pertebal garis vertikal tersebut mulai dari awal kerung lengan sampai posisi garis ketiak.
  • Mulai posisi garis ketiak lakukan pencabangan garis simetris ke kiri dan kanan, sehingga pada garis mendatar posisi siku diperoleh lebar pencabangan ke kiri = 1 cm dan ke kanan = 1 cm juga.
  • Lanjutkan pencabangan garis simetris ke kiri dan kanan sampai ujung lengan.
  • Pada posisi ujung lengan lebar pencabangan ke kiri = 4 cm dan ke kanan = 4 cm juga.
Langkah Ketiga.
Memisah pola lengan depan.
Pada posisi garis vertikal yang berjarak 5 cm dari batas tepi kotak area pola lengan jas, praktekkan:
  • Pertebal garis vertikal tersebut mulai dari awal kerung lengan sampai posisi garis ketiak.
  • Mulai posisi garis ketiak lakukan pencabangan garis simetris ke kiri dan kanan, sehingga pada garis mendatar posisi siku diperoleh lebar pencabangan ke kiri = 1 cm dan ke kanan = 1 cm juga.
  • Lanjutkan pencabangan garis simetris ke kiri dan kanan sampai ujung lengan, dengan cara menarik garis vertikal ke bawah dari kedua titik tersebut.
Setelah langkah kedua dan ketiga selesai, akan diperoleh gambar pemisahan pola lengan jas pria seperti pada gambar di atas.
Selanjutnya, praktekkan langkah terakhir untuk memperoleh gambar pola lengan jas pria…

Langkah Terakhir
Menggabung pola lengan bawah.

Perhatikan gambar di atas. Pola lengan jas telah dipisah menjadi 3 bagian, yaitu pola lengan belakang bawah, pola lengan atas dan pola lengan depan bawah.
Guntinglah tepat pada garis vertikal yang berjarak 8 cm dari tepi kotak area pola lengan jas. Sekarang sudah terpisah bagian pola lengan belakang bawah.

Sambung dan tempel menggunakan lem, pola lengan belakang bawah dengan pola lengan depan bawah dengan rapi sesuai tempatnya, maka diperoleh gambar berikut: 

Demikian cara teknik menjahit dalam teori memasang lengan untuk jas pria. Semoga bermanfaat.